Saturday, October 29, 2011

Press Release Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Dengan PPM Manajemen (PPM) Tentang Kerjasama Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia


Bertempat di kantor PPM Manajemen (PPM) Jakarta, Jalan Menteng Raya 9, Jakarta 10340 pada tanggal 25 Oktober 2011 lalu telah dilangsungkan penandatangan nota kesepakatan atau MOU antara pihak Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) yang diwakili oleh Ketua Umum Bapak Zaldy Ilham Masita dengan pihak PPM Manajemen (PPM) yang diwakili oleh Direktur Utama Bapak Andi Ilham Said untuk kerjasama penelitian dan pengembangan sumber daya manusia serta kerjasama lainnya yang akan dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan pendukung kegiatan utama.

Acara penandatangan tersebut juga dihadiri oleh Direksi PPM School of Business Bapak Dr. Martinus, Bapak Dr. Alex dan Ibu Dr. Ningky Sasanti serta Direktur Eksekutif Sembada Pratama Bapak Hoetomo Lembito yang juga akan bekerja sama untuk menyiapkan program MM Eksekutif Muda dan MM Eksekutif dengan konsentrasi Supply Chain Management.  Program MM tersebut mempunyai konsep menggabungkan pendekatan Akademik dan Logistics Best Practise dengan standar sertifikasi profesi serta memang dirancang untuk mengisi kesenjangan tenaga ahli profesional Logistik tingkat Manajerial di Indonesia.

Dasar pemikiran yang tercermin adalah dari kenyataan bahwa Indonesia mempunyai jumlah penduduk nomor 4 (empat) di dunia dan merupakan pangsa pasar Logistik dan Supply Chain yang sangat luar biasa baik untuk kawasan ASEAN maupun dunia.

Menghadapi akan diselenggarakannya liberalisasi pasar SDM Logistik ASEAN di tahun 2013 dan ASEAN Economic Community (AEC) di tahun 2015 juga membuka satu ceruk peluang maupun tantangan, yaitu pengembangan sumber daya manusia Indonesia, khususnya dalam bidang Logistik dan Supply Chain.

Kenyataan bahwa secara umum, daya saing tenaga kerja Indonesia masih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya tercermin dari data Asian Productivity Organization (APO) bahwa dari setiap 1000 tenaga kerja Indonesia hanya ada sekitar 4.3% yang terampil sedangkan Philipina 8,3%, Malaysia 32,6% dan Singapura sebesar 34,7%.  Sedangkan dalam indeks pembangunan manusia, Indonesia menempati urutan ke 6 di antara 10 negara anggota ASEAN dan urutan ke-111 dari 182 negara di dunia, meskipun harus diakui bahwa banyak anak bangsa yang mempunyai prestasi luar biasa di bidangnya masing-masing.

Pola pendidikan yang link and match dengan dunia kerja akan membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia sebagai salah satu modal dasar pembangunan Indonesia.  Bahkan dalam Masterplan Percepatan, Perluasan dan Pengembangan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI) yang telah diresmikan oleh  Presiden SBY tanggal 27 Mei 2011 yang lalu, dinyatakan bahwa prasyarat pembangunan di peringkat ke-2 adalah mutu modal manusia.

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) yang telah membidani lahirnya Sembada Pratama – The 1st School of Supply Chain and Logistics in Indonesia di tahun 2010 di bidang sertifikasi profesi dengan metode pengajaran hands-on, tentunya mempunyai tanggung jawab dan ingin berperan serta lebih dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia Indonesia, khususnya dalam bidang Logistik dan Supply Chain.  Sementara PPM Manajemen (PPM) merupakan salah satu institusi pendidikan yang telah menyebarluaskan praktik-praktik Manajemen di Indonesia dan telah mendesiminasi ilmu manajemen melalui puluhan ribu alumninya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menjadikan sumber daya manusia Indonesia sebagai tulang punggung dan tuan rumah di negeri sendiri merupakan suatu langkah panjang yang tidak mudah akan tetapi juga sangat berharga untuk dilakukan.  Kesamaan pandangan inilah yang menjadi dasar penandatangan MOU antara pihak Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) dan PPM Manajemen (PPM) sebagai salah satu jawaban nyata dalam upaya menyajikan sumber daya manusia Logistik dan Supply Chain Indonesia yang dapat bersaing di pasar regional dan global. 


Salam Logistik dan Supply Chain,

R. Didiet Rachmat Hidayat, A.Md, SE, M.Si
Relation Dept - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI)
e-mail/YM/FB/Twitter/Skype: didiet.hidayat@yahoo.com
website:  http://www.sembadapratama.com

No comments:

Post a Comment