Sunday, October 16, 2011

The Avengers Character: The Supply Chain in Time

Beberapa tahun belakangan ini, saya merasa bahagia menyaksikan karakter Avengers satu demi satu di film kan ... Dimulai dari Hulk, Dare Devil, Nick Fury, Iron Man, Scarlett, Captain America dan Thor ... Dengan perencanaan yang matang serta mempunyai benang merah antara film yg satu dengan film yang lain ... umumnya dilakukan oleh Nick Fury di awal atau di akhir film ....

Ditampilkan di akhir film Hulk, sosok Tony Stark yang mempunyai alter ego sebagai Iron Man.  Atau di akhir film Iron Man diceritakan adanya palu Thor serta tokoh Nick Fury yang menemui karakter-karakter yang akan membentuk The Avengers.  Hal ini sangat diperkuat dengan judul film Captain America: The First Avenger yang dibuat sangat mendekati komik awalnya.

Memang hal tersebut belum terlihat dalam film Dare Devil, Fantastic Four maupun Spider-Man yang telah beredar terlebih dahulu.

Hal yang menarik ini disebabkan adanya konektivitas antara karakter yang satu dengan karakter yang lain sebagai satu cara untuk menyenangkan pelanggan akhir dalam hal ini penonton film.  Dan hal tersebut memang dilakukan dengan sengaja untuk satu tujuan yaitu rangkaian Supply Chain.

Rangkaian Supply Chain merupakan satu perjalanan panjang dari Produsen ke Konsumen melalui Distribution Channels dengan peranan Distributor yang ada secara efektif, efisien dengan semangat efisiensi tanpa mengurangi kualitas untuk kepuasan pelanggan ... 

Dapat juga digambarkan sebagai rangkaian orkestra yang bermain bersama-sama secara harmonis dibawah arahan seorang Logistics Conductor.  Kolaborasi yang mengagumkan ini tentunya hanya dapat terjadi jika semua pihak terkait mengikuti arahan sang Conductor.

Apakah hal tersebut bisa di terapkan di Indonesia?  Jawabnya tentu saja bisa, jika semua pihak saling berkolaborasi dengan semangat kerjasama untuk melayani pelanggan bagi kesejahteraan Logistik bagi semua.

Tinggal satu masalah yang dipecahkan, yaitu mencari pemimpin yang memposisikan dirinya sebagai Logistics Conductor bagi seluruh stakeholder di Indonesia.  Semoga.

Salam Logistik,
R. Didiet Rachmat Hidayat, A.Md, S.E., M.Si
Logistics Expert

e-mail/FB/Twitter: didiet.hidayat@yahoo.com

1 comment: